Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat
Main Author: | AG. Bambang Prasetya, 0711145013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/282/1/BAB%20I%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/2/BAB%20II%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/3/BAB%20III%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/4/BAB%20IV%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/5/Lampiran%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/ |
ctrlnum |
282 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/282/</relation><title>Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat</title><creator>AG. Bambang Prasetya, 0711145013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengamatan langsung dan teknik wawancara langsung dengan beberapa narasumber yang kompeten. Penelitian ini mengamati kegiatan Sanggar OMPE Harmoni meliputi proses latihan, repertoar musik yang dimainkan, motivasi para anggota serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh sanggar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat ada beberapa tahap yaitu; (1) Murid mengamati dan mendengarkan (2) Murid mengingat pola melodi dan ritmik (3) Murid melafalkan alunan melodi dengan siulan atau gumaman (4) Murid memainkan instrumen di rumahnya (5) Murid memainkan di depan pengajar (6) Murid memainkan di depan khalayak ramai. endala yang ditemui dapat dilihat sebagai faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah keadaan masyarakat yang cenderung meninggalkan musik tradisi. Faktor internal adalah ukuran ruang, rasa percaya diri murid, sulitnya pengajar untuk memberikan koreksi. serta murid yang tidak selalu memiliki instrument musik gong</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/282/1/BAB%20I%20Bambang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/282/2/BAB%20II%20Bambang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/282/3/BAB%20III%20Bambang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/282/4/BAB%20IV%20Bambang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/282/5/Lampiran%20Bambang.pdf</identifier><identifier> AG. Bambang Prasetya, 0711145013 (2014) Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Seni Musik ISI Yogyakarta. </identifier><recordID>282</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AG. Bambang Prasetya, 0711145013 |
title |
Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat |
publishDate |
2014 |
isbn |
9780711145016 |
topic |
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) |
url |
http://digilib.isi.ac.id/282/1/BAB%20I%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/2/BAB%20II%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/3/BAB%20III%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/4/BAB%20IV%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/5/Lampiran%20Bambang.pdf http://digilib.isi.ac.id/282/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengamatan langsung dan teknik wawancara langsung dengan beberapa narasumber yang kompeten. Penelitian ini mengamati kegiatan Sanggar OMPE Harmoni meliputi proses latihan, repertoar musik yang dimainkan, motivasi para anggota serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh sanggar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Musik Gong Untuk Upacara Pernikahan Di Sanggar Ompe Harmoni Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat ada beberapa tahap yaitu; (1) Murid mengamati dan mendengarkan (2) Murid mengingat pola melodi dan ritmik (3) Murid melafalkan alunan melodi dengan siulan atau gumaman (4) Murid memainkan instrumen di rumahnya (5) Murid memainkan di depan pengajar (6) Murid memainkan di depan khalayak ramai. endala yang ditemui dapat dilihat sebagai faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah keadaan masyarakat yang cenderung meninggalkan musik tradisi. Faktor internal adalah ukuran ruang, rasa percaya diri murid, sulitnya pengajar untuk memberikan koreksi. serta murid yang tidak selalu memiliki instrument musik gong |
id |
IOS2705.282 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2016-09-21T13:24:03Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:28:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778003132940288 |
score |
17.538404 |