Karakterisasi Peran Dalam Kesenian Lengger Tapeng Indro Cipto Di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Main Author: Djoko Gilar, NIM: 0311070011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/2394/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/5/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/
http://lib.isi.ac.id
ctrlnum 2394
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/2394/</relation><title>Karakterisasi Peran Dalam Kesenian Lengger Tapeng Indro Cipto&#xD; Di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo</title><creator>Djoko Gilar, NIM: 0311070011</creator><subject>Pengkajian Tari</subject><description>Seni pertunjukan lengger tapeng sebagai suatu bentuk seni tradisional kerakayatan merupakan karya seni yang mencerminkan identitas penghasil karya tersebut. Seni pertunjukan lengger tapeng yang ada dan tumbuh di masyarakat menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat yang memilikinya. Pada awalnya seni pertunjukan lengger tapeng berfungsi sebagai sarana upacara ritual, yaitu upacara nyawang ga ti atau pelepasan nadzar. Upacara nyawang gati ini diadakan pada saat ada warga dusun tersebut sedang memenuhi janjinya. Dinamakan lengger tapeng karena seni pertunjukan ini merupakan perpaduan antara kesenian lengger dan tari topeng.&#xD; Topeng yang digunakan dalam setiap pementasan kesenian lengger tapeng&#xD; tidak hanya semacam, melainkan beragam bentuk. Setiap adegan penari putra sebagai pengibing menggunakan topeng yang berbeda. Dalam pementasan kesenian lengger tapeng terdapat berbagai karakter dan peran. Peran yang ada dalam kesenian lengger tapeng beragam. Peran dalam adegan yang satu dengan yang lainnya berbed a-beda sesuai dengan karakter topeng yang digunakan.&#xD; Dalam penyajiannya kesenian lengger tapeng terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Bagian awal ini merupakan tarian pembukaan dari sebuah pertunjukan lengger tapeng .. Bagian tengah merupakan tarian berpasangan antara penari lengger dengan penari putra sebagai pengibing yang memakai topeng. Topeng yang digunakan para penari merupakan pewujudan dari kerakter-karakter yang ada pada diri manusia. Gerak yang digunakan dalam lengger tapeng disesuaikan dengan karakter topeng yang dipakai pengibing. Bagian akhir merupakan penghormatan kepada para tamu. Karakter peran yang ada dalam kesenian lengger tapeng dilihat dari tata busana dan pola gerak yang digunakan adalah :gagah, alusan, gagah gecul, dan putri gecul.</description><date>2010-06-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2394/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2394/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2394/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2394/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2394/5/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Djoko Gilar, NIM: 0311070011 (2010) Karakterisasi Peran Dalam Kesenian Lengger Tapeng Indro Cipto Di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>2394</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Djoko Gilar, NIM: 0311070011
title Karakterisasi Peran Dalam Kesenian Lengger Tapeng Indro Cipto Di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
publishDate 2010
isbn 9780311070015
topic Pengkajian Tari
url http://digilib.isi.ac.id/2394/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/5/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2394/
http://lib.isi.ac.id
contents Seni pertunjukan lengger tapeng sebagai suatu bentuk seni tradisional kerakayatan merupakan karya seni yang mencerminkan identitas penghasil karya tersebut. Seni pertunjukan lengger tapeng yang ada dan tumbuh di masyarakat menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat yang memilikinya. Pada awalnya seni pertunjukan lengger tapeng berfungsi sebagai sarana upacara ritual, yaitu upacara nyawang ga ti atau pelepasan nadzar. Upacara nyawang gati ini diadakan pada saat ada warga dusun tersebut sedang memenuhi janjinya. Dinamakan lengger tapeng karena seni pertunjukan ini merupakan perpaduan antara kesenian lengger dan tari topeng. Topeng yang digunakan dalam setiap pementasan kesenian lengger tapeng tidak hanya semacam, melainkan beragam bentuk. Setiap adegan penari putra sebagai pengibing menggunakan topeng yang berbeda. Dalam pementasan kesenian lengger tapeng terdapat berbagai karakter dan peran. Peran yang ada dalam kesenian lengger tapeng beragam. Peran dalam adegan yang satu dengan yang lainnya berbed a-beda sesuai dengan karakter topeng yang digunakan. Dalam penyajiannya kesenian lengger tapeng terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Bagian awal ini merupakan tarian pembukaan dari sebuah pertunjukan lengger tapeng .. Bagian tengah merupakan tarian berpasangan antara penari lengger dengan penari putra sebagai pengibing yang memakai topeng. Topeng yang digunakan para penari merupakan pewujudan dari kerakter-karakter yang ada pada diri manusia. Gerak yang digunakan dalam lengger tapeng disesuaikan dengan karakter topeng yang dipakai pengibing. Bagian akhir merupakan penghormatan kepada para tamu. Karakter peran yang ada dalam kesenian lengger tapeng dilihat dari tata busana dan pola gerak yang digunakan adalah :gagah, alusan, gagah gecul, dan putri gecul.
id IOS2705.2394
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2017-10-19T21:48:33Z
last_indexed 2021-09-14T08:29:14Z
recordtype dc
_version_ 1765778013759209472
score 17.538404