Penciptaan Film Animasi Dua Dimensi “Bima”
Main Author: | Muhamad Maladz Adli, 1400082033 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/2323/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/2/bab%20ii%20-%20v.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/3/bab%20vi.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/4/Karya%20-%20Bima.rar http://digilib.isi.ac.id/2323/5/Lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/ http://lib.isi.ac.id |
ctrlnum |
2323 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/2323/</relation><title>Penciptaan Film Animasi Dua Dimensi “Bima”</title><creator>Muhamad Maladz Adli, 1400082033</creator><subject>Animasi</subject><description>Cerita wayang merupakan kekayaan budaya bangsa. Cerita wayang dipercaya mampu memberikan pendidikan budaya leluhur sebuah bangsa, dan mampu membangun nilai – nilai budaya dan identitas bangsa. Tokoh pewayangan menjadi salah satu budaya yang sangat kental dengan Indonesia, oleh karena itu dengan mengadaptasi tokoh – tokoh pewayangan yang ada di Indonesia diharapkan banyak anak bangsa yang mengenal budaya leluhur. 
Riwayat salah satu tokoh wayang di Indonesia yaitu Bima menjadi dasar cerita pembuatan animasi dua dimensi ini. Karena Bima adalah tokoh yang paling kuat, tegas dan pemberani di Pandawa. Dari seluruh Pandawa, Bima yang paling dibenci oleh Kurawa. Bima memiliki tubuh yang paling kuat di antar Pandawa dan Kurawa. 
Seiring berkembangnya zaman terutama bidang teknologi komputer. Teknologi komputer memiliki peran penting sebagai media penghibur dan pendidik, salah satunya ada dengan membantu proses visualisasi cerita melalui film animasi. Dengan film animasi yang mengadaptasi tokoh pewayangan di Indonesia diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengenal baik budaya Indonesia khsusus dalam dunia pewayangan.</description><date>2017-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2323/1/bab%20i.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2323/2/bab%20ii%20-%20v.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2323/3/bab%20vi.pdf</identifier><type>Other:Other</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2323/4/Karya%20-%20Bima.rar</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2323/5/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Muhamad Maladz Adli, 1400082033 (2017) Penciptaan Film Animasi Dua Dimensi “Bima”. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>2323</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Other:Other Other |
author |
Muhamad Maladz Adli, 1400082033 |
title |
Penciptaan Film Animasi Dua Dimensi “Bima” |
publishDate |
2017 |
isbn |
9781400082032 |
topic |
Animasi |
url |
http://digilib.isi.ac.id/2323/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/2/bab%20ii%20-%20v.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/3/bab%20vi.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/4/Karya%20-%20Bima.rar http://digilib.isi.ac.id/2323/5/Lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/2323/ http://lib.isi.ac.id |
contents |
Cerita wayang merupakan kekayaan budaya bangsa. Cerita wayang dipercaya mampu memberikan pendidikan budaya leluhur sebuah bangsa, dan mampu membangun nilai – nilai budaya dan identitas bangsa. Tokoh pewayangan menjadi salah satu budaya yang sangat kental dengan Indonesia, oleh karena itu dengan mengadaptasi tokoh – tokoh pewayangan yang ada di Indonesia diharapkan banyak anak bangsa yang mengenal budaya leluhur.
Riwayat salah satu tokoh wayang di Indonesia yaitu Bima menjadi dasar cerita pembuatan animasi dua dimensi ini. Karena Bima adalah tokoh yang paling kuat, tegas dan pemberani di Pandawa. Dari seluruh Pandawa, Bima yang paling dibenci oleh Kurawa. Bima memiliki tubuh yang paling kuat di antar Pandawa dan Kurawa.
Seiring berkembangnya zaman terutama bidang teknologi komputer. Teknologi komputer memiliki peran penting sebagai media penghibur dan pendidik, salah satunya ada dengan membantu proses visualisasi cerita melalui film animasi. Dengan film animasi yang mengadaptasi tokoh pewayangan di Indonesia diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengenal baik budaya Indonesia khsusus dalam dunia pewayangan. |
id |
IOS2705.2323 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2017-09-30T21:58:10Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:29:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778013512794112 |
score |
17.538404 |