ctrlnum 196
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/196/</relation><title>Kajian Semiotik Pada Iklan Pemutih Pond&#x2019;s Dalam Majalah Gogirl! Edisi Tahun 2013</title><creator>Aditya Nirwana, 122701412</creator><subject>Disain Komunikasi Visual</subject><description>Kajian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika komunikasi visual yang terdiri dari tiga tahapan analisis, yakni identifikasi, deskripsi, serta analisis dan interpretasi. Untuk mendukung dan menjawab rumusan masalah penelitian, maka kerangka konseptual atau teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes sebagai teori utama, serta ideologi Louis Althusser, teori Desain Komunikasi Visual, serta teori periklanan sebagai teori penunjang. Dari analisis teoretik yang dilakukan terhadap iklan Pond&#x2019;s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 didapatkan kesimpulan penelitian bahwa: 1) Iklan Pond&#x2019;s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 mengekpresikan makna konotasi tentang kecantikan dan pesona wanita modern, dan tentang kesempurnaan perempuan, atau mitos konsumerisme, dan makna konotasi tentang pesona wanita Timur dan eksotisme negeri Timur, atau sebagai mitos orientalisme, 2) Dalam iklan ini, ideologi kapitalisme global mendistorsi realitas dengan memproduksi mitos tentang pesona perempuan modern, kesempurnaan perempuan, dan pesona dunia Timur. Melaui mitos konsumerisme dan orientalisme tersebut, ideologi kapitalisme global menginterpelasi individu sebagai subyek, dengan pesan ideologis yang menawarkan nilai-nilai kecantikan, modernitas, intelektual, status tinggi, gairah, kejujuran, kesopanan, keluhuran nilai-nilai Timur guna kepentingan akumulasi kapital. Temuan yang didapatkan dari kajian ini, dalam mitos konsumerisme, individu didorong untuk bersikap konsumtif melalui penawaran nilai-nilai kecantikan dan kesempurnaan perempuan, sedangkan pada mitos orientalisme, individu didorong untuk memahami Timur sebagai sesuatu yang eksotis, sesuatu yang agung, dan memiliki daya tarik, sesuai dengan kacamata atau konstruksi bangsa Barat terhadap negeri Timur</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/196/1/BAB%20I%20Nirwana.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/196/2/BAB%20II%20Nirwana.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/196/3/BAB%20III%20Nirwana.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/196/4/BAB%20IV%20Nirwana.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/196/5/BAB%20V%20Nirwana.pdf</identifier><identifier> Aditya Nirwana, 122701412 (2014) Kajian Semiotik Pada Iklan Pemutih Pond&#x2019;s Dalam Majalah Gogirl! Edisi Tahun 2013. Skripsi thesis, Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta. </identifier><recordID>196</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aditya Nirwana, 122701412
title Kajian Semiotik Pada Iklan Pemutih Pond’s Dalam Majalah Gogirl! Edisi Tahun 2013
publishDate 2014
topic Disain Komunikasi Visual
url http://digilib.isi.ac.id/196/1/BAB%20I%20Nirwana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/196/2/BAB%20II%20Nirwana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/196/3/BAB%20III%20Nirwana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/196/4/BAB%20IV%20Nirwana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/196/5/BAB%20V%20Nirwana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/196/
contents Kajian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika komunikasi visual yang terdiri dari tiga tahapan analisis, yakni identifikasi, deskripsi, serta analisis dan interpretasi. Untuk mendukung dan menjawab rumusan masalah penelitian, maka kerangka konseptual atau teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes sebagai teori utama, serta ideologi Louis Althusser, teori Desain Komunikasi Visual, serta teori periklanan sebagai teori penunjang. Dari analisis teoretik yang dilakukan terhadap iklan Pond’s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 didapatkan kesimpulan penelitian bahwa: 1) Iklan Pond’s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 mengekpresikan makna konotasi tentang kecantikan dan pesona wanita modern, dan tentang kesempurnaan perempuan, atau mitos konsumerisme, dan makna konotasi tentang pesona wanita Timur dan eksotisme negeri Timur, atau sebagai mitos orientalisme, 2) Dalam iklan ini, ideologi kapitalisme global mendistorsi realitas dengan memproduksi mitos tentang pesona perempuan modern, kesempurnaan perempuan, dan pesona dunia Timur. Melaui mitos konsumerisme dan orientalisme tersebut, ideologi kapitalisme global menginterpelasi individu sebagai subyek, dengan pesan ideologis yang menawarkan nilai-nilai kecantikan, modernitas, intelektual, status tinggi, gairah, kejujuran, kesopanan, keluhuran nilai-nilai Timur guna kepentingan akumulasi kapital. Temuan yang didapatkan dari kajian ini, dalam mitos konsumerisme, individu didorong untuk bersikap konsumtif melalui penawaran nilai-nilai kecantikan dan kesempurnaan perempuan, sedangkan pada mitos orientalisme, individu didorong untuk memahami Timur sebagai sesuatu yang eksotis, sesuatu yang agung, dan memiliki daya tarik, sesuai dengan kacamata atau konstruksi bangsa Barat terhadap negeri Timur
id IOS2705.196
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2016-09-21T13:24:01Z
last_indexed 2021-09-14T08:28:17Z
recordtype dc
_version_ 1765778002876039168
score 17.538404