PROSES BELAJAR PIANO MENGGUNAKAN METODE NOT BALOK TUNGGAL DAN METODE NOT BALOK INTERVAL PADA ANAK USIA 7-11 TAHUN
Main Author: | Anggita Kusumarani, 1211801013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/1797/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/5/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/6/JURNAL%20ANGGITA.pdf http://digilib.isi.ac.id/1797/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Karya tulis ini membahas tentang pengenalan not balok dalam belajar piano menggunakan metode not balok tunggal dan metode not balok interval pada kelompok anak usia 7-11 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengenalan not balok dalam belajar piano yang mudah dipahami oleh anak usia 7-11 tahun. Selain itu juga sebagai acuan bagi pengajar piano untuk mempraktekkan metode yang mudah dipahami oleh anak usia 7-11 dalam belajar piano. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Dalam penelitian yang telah dilaksanakan, pengenalan metode not balok tunggal dan metode not balok interval tidak menunjukkan perbedaan kesulitan pemahaman yang dialami oleh anak usia 7-11 tahun. Hal ini dikarenakan kedua metode memiliki kekurangan dan kelebihan yang hampir sama. Di mana keduanya memiliki materi yang hampir sama sesuai dengan tingkat kemampuan dasar peserta didik dalam hal memahami suatu materi. Pada pengenalan not balok dalam belajar piano, pada umumnya guru nantinya lebih menekankan metode praktek dan demonstrasi pada peserta didik dalam pelakssanaannya.