Kehidupan Seni Pertunjukan Wisata Dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis Pada Sendratari Rara Jonggrang Di Objek Taman Wisata Candi Prambanan

Main Authors: Hersapandi, 195604171982031003, Bambang Tri Atmadja, -, Joko Trilaksana, -, Jiyu Wijayanti, -
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/1358/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1358/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1358/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1358/4/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1358/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Konsep satu paket kunjungan ke obyek wisata candi Prambanan dan atraksi sendratari Rara Jonggrang dipandang penting untuk dikembangkan sebagai produk ekonomi kreatif. Garapan sendratari Rara Jonggrang sebagai sebuah seni kemasan (kitsch) tentu menarik dengan mempertimbangkan sebuah sajian yang apik, inovatif, gemerlapan dan spektakuler. Di samping itu, kemasan yang dikembangkan tentu perlu mempertimbangkan ciri-siri seni wisata, yaitu singkat, padat, tiruan dari aslinya, meninggalkan nilai simbolis dan ritual, serta murah harganya menurut kocek wisatawan. Pengembangan konsep new public service yaitu negara (govermen), market (pasar) dan masyarakat (citizen) merupakan strategi pengelolaan sendratari Rara Jonggrang ke depan. Rumus A+B+T=CC atau Art+Business+Technology = (Creative+Connected) dengan mempertimbangkan kelompok kreatif yakni SDM di bidang teknologi (technological creativity), ekonomi (economic creativity), dan seni budaya (cultural creativity) saling berkait dan memegang peran kunci dalam perwujudan perekonomian berbasis ekonomi kreatif.