ctrlnum 1301
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/1301/</relation><title>Model Pembelajaran Instrumen Keyboard Pada Siswa Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta</title><creator>Indra Purnomo, 1311947013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>YPAC Surakarta merupakan yayasan pendidikan formal bagi anak penyandang tuna daksa, baik cacat fisik dan mental. Dalam proses pembelajaran anak diberikan materi membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu juga diberikan pelajaran seni musik sebagai penunjang pembelajaran dimana salah satunya pembelajaran instrumen keyboard. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana proses pembelajaran keyboard di YPAC Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif secara pasif, yaitu observasi dimana peneliti datang di tempat kegiatan orang yang diamati, tetapi tidak terlibat dalam kegiatan tersebut. Peneliti hanya mengamati, aktivitas siswa dan guru pada proses pembelajaran musik di YPAC Surakarta tersebut. Penulis tidak ikut terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari sarana dan prasarana, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran instrumen keyboard di YPAC Surakarta berupa keyboard. Materi lagu yang diberikan adalah &#x201C;Gundul Pacul&#x201D;. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada YPAC Surakarta pembelajaran keyboard seharusnya diampu oleh guru dibidangnya. Bagi ISI Yogyakarta agar menerjunkan mahasiswanya untuk ikut membantu proses pembelajaran musik.</description><date>2017-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/1/1.%20Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/2/2.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/3/3.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/4/4.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/5/5.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1301/6/JURNAL%20-%20Indra%20Purnomo.pdf</identifier><identifier> Indra Purnomo, 1311947013 (2017) Model Pembelajaran Instrumen Keyboard Pada Siswa Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>1301</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Indra Purnomo, 1311947013
title Model Pembelajaran Instrumen Keyboard Pada Siswa Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta
publishDate 2017
isbn 9781311947017
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/1301/1/1.%20Bab%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/2/2.%20BAB%20II.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/3/3.%20BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/4/4.%20BAB%20IV.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/5/5.%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/6/JURNAL%20-%20Indra%20Purnomo.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1301/
http://lib.isi.ac.id
contents YPAC Surakarta merupakan yayasan pendidikan formal bagi anak penyandang tuna daksa, baik cacat fisik dan mental. Dalam proses pembelajaran anak diberikan materi membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu juga diberikan pelajaran seni musik sebagai penunjang pembelajaran dimana salah satunya pembelajaran instrumen keyboard. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana proses pembelajaran keyboard di YPAC Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif secara pasif, yaitu observasi dimana peneliti datang di tempat kegiatan orang yang diamati, tetapi tidak terlibat dalam kegiatan tersebut. Peneliti hanya mengamati, aktivitas siswa dan guru pada proses pembelajaran musik di YPAC Surakarta tersebut. Penulis tidak ikut terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari sarana dan prasarana, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran instrumen keyboard di YPAC Surakarta berupa keyboard. Materi lagu yang diberikan adalah “Gundul Pacul”. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada YPAC Surakarta pembelajaran keyboard seharusnya diampu oleh guru dibidangnya. Bagi ISI Yogyakarta agar menerjunkan mahasiswanya untuk ikut membantu proses pembelajaran musik.
id IOS2705.1301
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2017-07-10T07:11:02Z
last_indexed 2021-09-14T08:28:42Z
recordtype dc
_version_ 1765778008198610944
score 17.538404