ctrlnum 1214
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/1214/</relation><title>Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta</title><creator>Yohana Theresia Butarbutar, 1111721013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Menurut hasil pengamatan dilapangan, pengajar menggunakan langkah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan tanya-jawab. Langkah metode ini dapat menjalin interaksi antara pengajar dan murid dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biola di SMI Yogyakarta.&#xD; Pembelajaran biola di SMI Yogyakarta mencakup tiga tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap pengenalan ini pengajar mengenalkan biola dan bagian-bagian biola kepada murid, mengenalkan teknik dalam bermain biola, mengenalkan garis paranada, tangga nada, tanda kunci, not, ritmis dan tanda berhenti. Tahap selanjutnya tahap persiapan, pada tahap ini pengajar mempersiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran seperti, materi, standpart, kursi dan alat-alat yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Tahap pelaksanaan, pada tahap ini proses pembelajaran dimulai dari tuning alat, selanjutnya melakukan pemanasan, setelah melakukan pemanasan murid dapat memainkan lagu. Terakhir ialah penutup atau evaluasi, pada penutup atau evaluasi pengajar menanyakan kembali materi yang baru dibahas, setelah itu memberi pertanyaan kepada murid apakah ada yang kurang jelas atau tidak. Tahap selanjutnya, murid diminta tidak hanya latihan di tempat kursus saja melainkan juga harus berlatih dirumah.&#xD; Penelitian yang dilakukan menggunakan Metode Deskriptif dan jenis metode kualitatif yaitu peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar di SMI Yogyakarta.</description><date>2016-11-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/1/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/2/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/3/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/4/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/5/Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1214/26/JURNAL%20Yohana.pdf</identifier><identifier> Yohana Theresia Butarbutar, 1111721013 (2016) Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>1214</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yohana Theresia Butarbutar, 1111721013
title Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta
publishDate 2016
isbn 9781111721015
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/1214/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/5/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/26/JURNAL%20Yohana.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1214/
http://lib.isi.ac.id
contents Menurut hasil pengamatan dilapangan, pengajar menggunakan langkah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan tanya-jawab. Langkah metode ini dapat menjalin interaksi antara pengajar dan murid dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biola di SMI Yogyakarta. Pembelajaran biola di SMI Yogyakarta mencakup tiga tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap pengenalan ini pengajar mengenalkan biola dan bagian-bagian biola kepada murid, mengenalkan teknik dalam bermain biola, mengenalkan garis paranada, tangga nada, tanda kunci, not, ritmis dan tanda berhenti. Tahap selanjutnya tahap persiapan, pada tahap ini pengajar mempersiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran seperti, materi, standpart, kursi dan alat-alat yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Tahap pelaksanaan, pada tahap ini proses pembelajaran dimulai dari tuning alat, selanjutnya melakukan pemanasan, setelah melakukan pemanasan murid dapat memainkan lagu. Terakhir ialah penutup atau evaluasi, pada penutup atau evaluasi pengajar menanyakan kembali materi yang baru dibahas, setelah itu memberi pertanyaan kepada murid apakah ada yang kurang jelas atau tidak. Tahap selanjutnya, murid diminta tidak hanya latihan di tempat kursus saja melainkan juga harus berlatih dirumah. Penelitian yang dilakukan menggunakan Metode Deskriptif dan jenis metode kualitatif yaitu peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar di SMI Yogyakarta.
id IOS2705.1214
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2017-02-25T15:06:14Z
last_indexed 2021-09-14T08:28:42Z
recordtype dc
_version_ 1765778007661740032
score 17.538404