Daftar Isi:
  • Penelitian Hibah Kompetensi ini telah berhasil membangun jaringan peneliti antar program studi Etnomusikologi dari tiga perguruan tinggi, yaitu ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, dan USU Medan melalui kerjasama akademik dalam pelaksanaan penelitian. Kerjasama ini memiliki arti penting mengingat disiplin Etnomusikologi di Indonesia relatif baru disajikan di perguruan tinggi, dan kandungan matakuliah Musik Nusantara dalam kurikulum lembaga disusun menurut visi misi masing-masing. Kerjasama ini menghasilkan suatu kesepakatan bahwa pada dasarnya seni tradisi yang dimiliki setiap kelompok etnik di Indonesia perlu dijaga, dilestarikan, dan diberdayakan, mengingat itu merupakan warisan (heritages) yang amat berharga dari para leluhur. Penelitian terhadap teks, makna simbolik, serta nilai-nilai yang terkandung dalam seni tradisi hendaknya didasarkan pada konsep multikultural, yang menganggap bahwa setiap tradisi memiliki kearifan lokalnya masing-masing yang tidak dapat dibandingkan secara material menurut perilaku para pendukungnya. Penelitian dapat dilakukan untuk menemukan benang merah di antara kelompok seni tradisi Nusantara, namun tetap memandang perbedaan itu sebagai suatu kekayaan yang layak dihargai dan dijunjung tinggi. Penelitian secara kepustakaan maupun lapangan terhadap seni tradisi hendaknya dilandasi oleh kompetensi etnisitas pribumi, mengingat bahwa tradisi lisan yang dimiliki masyarakat di kawasan Nusantara pada khususnya menjadikan seni tradisi itu terkait dengan seluruh aspek kehidupan masyarakat pendukungnya, seperti aspek religi, aspek adat, aspek budaya, aspek bahasa, aspek kaidah, dan aspek estetika yang harus diketahui, dipahami, dimiliki, dan dikuasai oleh setiap peneliti pribumi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penyusunan buku ajar Musik Nusantara memiliki arti penting dalam upaya memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebagai calon peneliti pribumi dalam upaya mengangkat kearifan lokal etnik Nusantara ke permukaan melalui berbagai bentuk publikasi ilmiah, jurnalistik, dan etnografis.