Proses Belajar Seni Karawitan Siswa-Siswi Sekolah Dasar Negeri Kasihan Bantul: Sebuah Studi Kasus

Main Author: Yunita Suratiningsih, 1110458012
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/1123/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1123/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1123/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1123/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1123/5/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1123/
http://lib,isi,ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam karya tulis ini dibahas mengenai proses belajar siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Kasihan Bantul yang hampir setiap kali lomba dapat meraih gelar juara. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan lebih jauh dan menganalisis bagaimanakah proses belajar siswa-siswi dalam belajar seni karawitan sehingga berprestasi, sedang metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan musikal, psikologi, dan teori karawitan. Terlebih lagi karawitan mencerminkan sikap kerjasama antarmanusia yang ditunjukkan dalam permainannya, sehingga dalam proses belajar seni karawitan tercapai dua tujuan sekaligus yaitu skil individu yang membuat siswa-siswi meraih prestasi dan pelajaran kerja sama antar ricikan yang dapat diaplikasikan dengan sesama manusia dalam kehidupan sehari – hari.