ctrlnum 1034
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/1034/</relation><title>Gandrang Pa'balle Dalam Pesta Upacara Perkawinan di Daerah&#xD; Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan : Satu Tinjauan Etnomusikologis</title><creator>Amir Razak, AR</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Musik Gandrang Pa&#x2019;balle adalah ensambel yang terdapat di daerah Kabupaten Gowa. Musik tersebut merupakan sarana upacara adat, khususnya dalam upacara perkawinan Ensambel musik Gandrang Pa&#x2019;bal|e dalam penyajiannya, menggunakan tiga macam nama instrumen yakni: gandrang (gendang), puik-puik (serunai), dan dengkang (gong). Instrumen tersebut dirnainkan oleh pagandrang(pemain gendang),&#xD; papuik-papuik: (pemain serunai) dan patunrung dengkang (pemain gong). Sesuai dengan penyajian musiknya yang telah dianalisa, Gandrang Pa&#x2019;balIe termasuk permainan pola ritme yang kontras, bentuk penyajiannya tiga bagian yang diambil dari struktur dan nama tabuhannya yakni: 1) tunrung pa'baIIe (tabuhan pa&#x2019;balle), 2) tunrung rua (tabuhan rua) dan 3) tunrung pakanjara (tabuhan pakanjara).&#xD; Tabuhan tersebut, mutlak dan harus dilakukan secara urut dalam upacara adat. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan jajjakkang (sesaji) sebagai syarat yang diperlambang.&#xD; Penyajian musik Gandrang Pa'balle di dalamnya terkandung nilai-nilai yakni: nilai sosial, nilai musikal, nilal spiritual, nilai moral dan nilai ekonomi. Nilai tersebut erat kaitannya dan berpengaruh terhadap penyelenggara upacara. Pokok permasalahan tersebut di atas di dalam penulisan skripsi ini akan dianalis dengan menggunakan metode deskriptif analisis musik, beberapa iandasan teori dan nara sumber sebagai acuan untuk mencari titik temu jawaban permasalahan ilmiah</description><date>1998-04-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/1/056-KT010013%20Bab-1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/2/056-KT010013%20Bab-2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/3/056-KT010013%20Bab-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/4/056-KT010013%20Bab-4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/5/056-KT010013%20Bab-5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/1034/6/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Amir Razak, AR (1998) Gandrang Pa'balle Dalam Pesta Upacara Perkawinan di Daerah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan : Satu Tinjauan Etnomusikologis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>1034</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amir Razak, AR
title Gandrang Pa'balle Dalam Pesta Upacara Perkawinan di Daerah Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan : Satu Tinjauan Etnomusikologis
title_sub Satu Tinjauan Etnomusikologis
publishDate 1998
topic Etnomusikologi
url http://digilib.isi.ac.id/1034/1/056-KT010013%20Bab-1.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/2/056-KT010013%20Bab-2.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/3/056-KT010013%20Bab-3.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/4/056-KT010013%20Bab-4.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/5/056-KT010013%20Bab-5.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/6/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/1034/
http://lib.isi.ac.id
contents Musik Gandrang Pa’balle adalah ensambel yang terdapat di daerah Kabupaten Gowa. Musik tersebut merupakan sarana upacara adat, khususnya dalam upacara perkawinan Ensambel musik Gandrang Pa’bal|e dalam penyajiannya, menggunakan tiga macam nama instrumen yakni: gandrang (gendang), puik-puik (serunai), dan dengkang (gong). Instrumen tersebut dirnainkan oleh pagandrang(pemain gendang), papuik-papuik: (pemain serunai) dan patunrung dengkang (pemain gong). Sesuai dengan penyajian musiknya yang telah dianalisa, Gandrang Pa’balIe termasuk permainan pola ritme yang kontras, bentuk penyajiannya tiga bagian yang diambil dari struktur dan nama tabuhannya yakni: 1) tunrung pa'baIIe (tabuhan pa’balle), 2) tunrung rua (tabuhan rua) dan 3) tunrung pakanjara (tabuhan pakanjara). Tabuhan tersebut, mutlak dan harus dilakukan secara urut dalam upacara adat. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan jajjakkang (sesaji) sebagai syarat yang diperlambang. Penyajian musik Gandrang Pa'balle di dalamnya terkandung nilai-nilai yakni: nilai sosial, nilai musikal, nilal spiritual, nilai moral dan nilai ekonomi. Nilai tersebut erat kaitannya dan berpengaruh terhadap penyelenggara upacara. Pokok permasalahan tersebut di atas di dalam penulisan skripsi ini akan dianalis dengan menggunakan metode deskriptif analisis musik, beberapa iandasan teori dan nara sumber sebagai acuan untuk mencari titik temu jawaban permasalahan ilmiah
id IOS2705.1034
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2016-09-21T13:24:22Z
last_indexed 2021-09-14T08:28:37Z
recordtype dc
_version_ 1765778006907813888
score 17.538404