Analisa Pengaruh Metode Hot Dip Galvanizing Dengan Variasi Temperatur dan Waktu Pencelupan Terhadap Laju Korosi Pipa Air Laut Kapal Material Baja AISI 1020
Main Authors: | Santosa, Ari Wibawa Budi, Bungkang, Reimigius Baskatara, Mursid, Ocid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Diponegoro University
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/45612 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/45612/22200 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/45612/10459 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/45612/10460 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/45612/10461 |
Daftar Isi:
- Baja AISI 1020 dalam industri perkapalan banyak digunakan sebagai pipa air air laut kapal. Dilihat dari kegunaannya baja jenis ini akan mudah terkorosi jika mengaliri air laut tanpa perlindungan apapun, hal tersebut disebabkan karena air laut merupakan salah satu media korosif bagi baja. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing dengan variasi temperatur dan lama waktu pencelupan terhadap laju korosi pipa kapal baja AISI 1020. Temperatur yang digunakan pada proses galvanis adalah 440 oC, 455 oC, dan 480 oC dengan variable waktu pencelupan 2 menit, 4 menit, dan 6 menit. Efek korosi dipantau selama 192 jam dengan media air laut Pantai Cipta Kota Semarang. Dari hasil pengukuran weight loss didapatkan hasil bahwa laju korosi baja non galvanis sebesar 1,81462 mmpy, Sedangkan laju korosi teroptimal dari masing-masing variasi temperatur dengan penggunaan metode Hot Dip Galvanizing pada 440oC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01796 mmpy, pada 455 oC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01289 mmpy, dan pada 480oC waktu pencelupan 4 menit sebesar 0,0074 mmpy. Berdasarkan data tersebut penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing mampu mengurangi laju korosi yang terjadi pada baja AISI 1020.