ANALISA PENGARUH CENTERBULBS TERHADAP HAMBATAN DAN VERTICAL MOTION PADA KAPAL CATAMARAN
Main Authors: | Aprijal, Rahmat Prio, Samuel, Samuel, Iqbal, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Diponegoro University
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/10565 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/10565/13787 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKapal multihull, terutama catamaran adalah kapal yang menarik untuk dikaji. Dalam segi stabilitas catamaran memiliki stabilitas kapal yang lebih baik, tetapi permasalahan yang sering timbul terkait masalah hambatan. Hambatan catamaran lebih kompleks dibandingkan dengan kapal monohull. Permasalahan yang timbul akibat efek interaksi komponen hambatan dan gelombang pada lambung kapal multihull. Dari permasalahan tersebut munculah eksperimen untuk melakukan penambahan centerbulb pada kapal catamaran. Centerbulb berguna untuk mengurangi hambatan yang terjadi pada lambung kapal yang disebabkan interaksi komponen hambatan dan gelombang. Analisa perhitungan hambatan total kapal Catamaran dihitung menggunakan software berbasis CFD yaitu ANSYS v 14.0 dan menggunakan variasi kecepatan pada Fn=0.28, Fn=0.47, Fn=0.65 serta variasi jarak antar lambung pada S/L=0.2, S/L=0.3, dan S/L=0.4. hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa, kapal catamaran dengan S/L 0.2 dan penambahan centerbulb adalah kapal yang paling efektif karena dapat mengurangi hambatan sebesar 8-14%, dan kapal tersebut memiliki respon gerakan vertical motion yang memenuhi kriteria dan paling minimum pada kecepatan Fn 0.28.Kata kunci : Catamaran, Centerbulb, Hambatan, Vertical Motion
- Hambatan yang kompleks pada kapal multihull catamaran timbul akibat efek interaksi komponen hambatan dan gelombang pada lambung kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi hambatan yang terjadi pada lambung kapal catamaran yang disebabkan interaksi komponen hambatan dan gelombang dengan penambahan centerbulb. Analisa hambatan total kapal catamaran dihitung menggunakan software berbasis Computational Fluid Dynamics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal catamaran S/L 0.2 dengan penambahan centerbulb adalah kapal yang paling efektif karena dapat mengurangi hambatan sebesar 8-14% dan memiliki respon gerakan vertikal minimum pada kecepatan Fn 0.28.