ANALISIS PENGARUH RETAIL MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TOKO GROSIR X SEMARANG)
Main Authors: | Astuti, Sri Rahayu Tri, Prayudhanto, Agustinus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STUDI MANAJEMEN DAN ORGANISASI
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/4185 http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/4185/3807 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSIToko grosir X Semarang, sebagai salah satu cabang toko grosir yang bernaung di bawahmanajemen PT. X Indonesia, mengalami masalah penurunan jumlah konsumen yang berbelanja ditokonya selama periode 2004 hingga 2006. Dengan berpijak pada fenomena tersebut, makadilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen toko grosir XSemarang. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah ”Bagaimana pengaruh retailmarketing mix (yaitu: lokasi toko, produk, harga, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai,dan retail service) dalam meningkatkan dan mempertahankan loyalitas konsumen untuk berbelanjadi toko grosir X Semarang?” Penelitian ini secara khusus menguji pengaruh keenam unsur bauranpemasaran ritel (retail marketing mix) terhadap loyalitas konsumen pada toko grosir X Semarang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi toko, produk(merchandise), harga, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service; terhadaployalitas konsumen.Kata kunci : loyalitas konsumen; retail marketing mix