PENGUJIAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM – METHANOL PADA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH PENGARUH TERHADAP EMISI GAS BUANG
Main Authors: | Arijanto, Arijanto; Staff pengajar jurusan teknik mesin FT-UNDIP, Haryadi, Gunawan Dwi; Staff pengajar jurusan teknik mesin FT-UNDIP |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/view/2389 http://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/view/2389/2114 |
Daftar Isi:
- Dengan semakin menipisnya cadangan minyak bumi dan semakin tingginya tingkat polusi udara saat ini, perludipertimbangkan bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan bahan bakar minyak yang murah dan ramahlingkungan. Methanol sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang layak dipertimbangkan karena dapat diproduksioleh industri dan relatif murah. Keuntungan penggunaan methanol antara lain : emisi gas buang yang rendah,performa yang baik, dan tidak mudah terbakar. Meskipun demikian, methanol belum bisa diaplikasikan langsung padamesin kendaraan bermotor standar. Untuk itu, penelitian dan pengujian mesin ini menggunakan bahan bakar premiumdan campuran premium-methanol berbagai komposisi, yaitu M20, M40 dan M60. Kemudian dilakukan pengukuranemisi gas buang dengan menggunakan alat Gas Analyzer Tecnotest MOD 488A Infrared multi gas. Bahan bakarPremium dan Campuran premium-methanol dengan komposisi yang bervariasi akan menghasilkan emisi gas buangyang berlainan. Pengujian dilakukan pada mesin sepeda motor 4 langkah dengan variasi putaran mesin dan komposisicampuran pada kondisi mesin standar tanpa beban. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat ditarikkesimpulan bahwa bahan bakar campuran premium-methanol layak digunakan, dan komposisi terbaik campuranpremium-methanol yang diujikan yaitu M60 (Premium 40% dan Methanol 60%) dilihat dari emisi gas buang yangdihasilkan.