Pembuatan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Santo Yosef Surabaya pada pokok bahasan Usaha dan Energi

Main Author: Sareng, Hermina E.E
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/9799/1/abstrak%20pdf.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/2/BAB%20I_A5.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/3/BAB%20II_A5.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/4/BAB%20III_A5.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/5/BAB%20IV_A5.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/6/BAB%20V_A5.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/9799/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas VIII A SMP Santo Yosef Surabaya, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan. Hasil validasi memberikan skor 3,23 untuk RPP, 3,15 untuk Buku Siswa, dan 3,08 untuk LKS. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi: keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan berkategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukkan 53 % siswa berkategori aktif, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran. Juga diperoleh Hasil belajar akhir sebesar 81,3. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai awalnya yaitu sebesar 33. Adapun respon siswa terhadap implementasi TPS 18,3 % dan skor gain rata-rata sebesar 0,70 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP.