Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya

Main Author: Dhari, Rosana Martina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/9738/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/7/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/6/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/5/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/3/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/2/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/9738/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang dan hasil belajar fisika kelas XI IPA rendah. Hal ini dilihat dari hasil ulangan fisika terakhir, nilai rata-rata kelas adalah 59,03 dan hanya 3,45% siswa yang mencapai ketuntasan dari 29 siswa kelas XI IPA. Selain itu, sebagian besar siswa belum terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya dengan jumlah 29 orang, yang terdiri dari 15 perempuan dan 14 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase keterlibatan siswa adalah 83%. Rata-rata nilai kelas adalah 76 dengan prosentase ketuntasan siswa adalah 41,38%. Pada siklus II prosentase keterlibatan siswa adalah 86%. Rata-rata nilai kelas adalah 87,10 dengan prosentase ketuntasan siswa adalah 79,31%.