Self regulated learning dan prestasi belajar matematika siswa SMALB/B X Surabaya
Main Author: | Feliarosa, Dorothea Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/9220/48/Abstraksi.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/5/BAB%204%20.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/47/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/9220/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar matematika adalah pencapaian yang dapat diamati (actual ability) yang berkaitan dengan kemampuan dari proses belajar-mengajar matematika. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang mempengaruhi prestasi belajar matematika adalah self regulated learning (SRL). SRL adalah merupakan proses peserta didik untuk mengaktifkan dan memfokuskan pikiran, perasan, tindakan serta melakukan perencanaan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara SRL dengan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya. Subjek penelitian ini (N=37) adalah seluruh siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya dengan menggunakan teknik total population study. Data untuk variabel prestasi belajar matematika menggunakan nilai rata-rata nilai ulangan harian 1, ulangan harian 2 dan nilai UTS. Variabel SRL diukur dengan menggunakan self regulated learning scale. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai rxy=0,585 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0.05) yang berarti semakin tinggi SRL yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Saran bagi sekolah adalah mempertimbangkan untuk perancangan program SRL pada siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya agar dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswanya.