Daftar Isi:
  • Iklan Gudang Garam edisi Agustus 2014 merupakan sebuah iklan televisi bertema kemerdekaan. Dalam iklan ini, ditunjukan perbedaan antara kehidupan bangsa tahun 1945 dengan era modern pada tahun 2014. Pada tahun 1945 digambarkan tentang sebuah negara yang berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, sedangkan pada tahun 2014 kehidupan bangsa digambarkan dalam berbagai aspek antara lain dalam seni instalasi, matematika, pesawat terbang, tumpeng, orangutan, kekerasan terhadap perempuan, pemilu dan keberagaman. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana makna kemerdekaan oleh media. Metode yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah makna kemerdekaan yang ditampilkan melalui visualisasi iklan yaitu bahwa makna kemerdekaan tidak lagi sebagai sesuatu yang kuno maupun berbicara mengenai kebebasan semata. Tetapi lebih dari itu, makna kemerdekaan berbicara tentang aktualisasi bangsa Indonesia dalam berbagai bidang yang ada yaitu bidang seni dan budaya, sosial politik, ilmu pengetahuan dan pendidikan.