Implementasi strategi "relationship quality" pada perusahaan jasa asuransi dalam upaya membangun loyalitas pelanggan

Main Author: Nurhayanti, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/855/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/6/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/855/
Daftar Isi:
  • Kualitas hubungan merupakan aspek penting dalam memelihara dan mengevaluasi hubungan antara pembeli dan penjual. Kualitas hubungan berkaitan dengan masalah konflik, kepercayaan (trust), komitmen, dan kesinambungan hubungan di masa datang. Kualitas hubungan yang baik akan menurunkan level konflik dan sebaliknya memperbesar kepercayaan, komitmen, berlanjutnya hubungan jangka panjang dan kelanjutan investasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hubungan antara lain reputasi perusahaan, besar kecilnya perusahaan, saling menyenangi, baik antara pelanggan dengan perusahaan maupun antara pelanggan dengan pegawai perusahaan. Implementasi kualitas hubungan dalam perusahaan jasa asuransi dapat dilakukan dengan menjalin hubungan dengan pelanggan, menganggap pelanggan sebagai mitra, lebih proaktif, dan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Loyalitas adalah kondisi dimana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap sebuah produk, mempunyai komitmen produk tersebut, dan bermaksud meneruskan pembeliannya dimasa mendatang. Langkah-Iangkah strategi yang perlu dilakukan pemsahaan untuk dapat menerapkan kualitas hubungan adalah mengidentifikasi pelanggan, mengelompokkan pelanggan, interaksi dengan pelanggan, dan menyesuaikan perilaku perusahaan. Tujuan dari strategi relationship quality adalah memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang menerapkannya. Relationship quality sebagai pendekatan yang tepat dan upaya yang optimal dalam menjamin hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan membangun loyalitas dengan pelanggan, sebingga pengimplementasiannya perlu strategi yang terarah.