Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi
Main Author: | Hartanti, Novita Sari Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/8499/45/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/5/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/6/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/7/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/8/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/9/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/8499/ |
Daftar Isi:
- Tanggung jawab perusahaan tidak hanya berfokus pada proses pencapaian laba (profit) namun juga bertanggung jawab terhadap kesenjangan sosial lingkungan (planet) dan masyarakat (people) yang terkena dampak akibat aktivitas perusahaan. Upaya perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap masalah lingkungan sosial disebut dengan Corporate Social Responsibility. Semakin luas pengungkapan CSR oleh perusahaan akan membuat investor tertarik untuk berinvestasi dalam perusahaan. Nilai perusahaan akan dinilai baik apabila kinerja perusahaan tersebut juga baik sehingga memberikan peluang positif diantaranya memperkuat brand positioning, meningkatkan image perusahaan serta harga saham sehingga dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur di BEI periode 2012-2015 dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari BEI serta website masing-masing perusahaan. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015 dengan sampel 34 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan MRA atau uji interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan profitabilitas sebagai variabel moderasi mampu memperkuat hubungan antara pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.