Pengaruh pengetahuan dan kualitas pelayanan pajak terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi untuk memenuhi kewajiban pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Pabean Cantian Surabaya)
Main Author: | Chan, Siu Shien |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/8371/39/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/2/Bab1.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/3/Bab2.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/4/Bab3.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/5/Bab4.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/6/Bab5.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/7/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/8371/ |
Daftar Isi:
- Motivasi adalah ketersediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi ke arah tujuan-tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi sesuatu kebutuhan individual. Motivasi membayar pajak dipengaruhi oleh pengetahuan dan kualitas pelayanan pajak. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap motivasi Wajib Pajak dalam membayar pajak. Penelitian ini menggunakan 103 sampel wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Pabean Cantian Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling yaitu dengan membagikan kuisioner kepada wajib pajak yang sudah terdaftar di KPP Pratama Pabean Cantian Surabaya. Berdasarkan uji regresi linear berganda, pengetahuan tidak berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi. Sebab karakteristik responden yang berbeda-beda tentang sudut pandang pentingnya pengetahuan dalam hal membayar pajak sehingga akan mempengaruhi hasil dan opini wajib pajak mengenai pengetahuan. Selain itu. kualitas pelayanan pajak terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi untuk membayar pajak berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar, sebab merasa dihargai dan diperhatikan sebagai wajib pajak.