Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII- A SMPK St. Vincentius Surabaya

Main Author: Yuniastuti, Yashinta Christiningtyas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/8021/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/42/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/3/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/4/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/5/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/6/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/8021/
Daftar Isi:
  • Observasi awal di kelas VIII-A SMPK St. Vincentius Surabaya menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Skor rata-rata kelas yang dicapai oleh kelas ini sebesar 44,7 dan prosentase siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) sebesar 15,8%. Penyebab utama hasil belajar yang rendah ini adalah siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan dipilih untuk menyelesaikan permasalahan. Indikator keberhasilan ditetapkan meliputi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ≥ 80 %; rata-rata kelas ≥ 76; prosentase ketuntasan siswa ≥ 75% dan prosentase siswa termotivasi ≥ 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan PTK perlu dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir siklus I diperoleh prosentase keterlaksanan RPP 70,4 %, prosentase siswa termotivasi adalah 63,1%, nilai rata-rata kelas 50,6 dengan prosentase ketuntasan siswa 26,3%. Pada akhir siklus II, prosentase keterlaksanan RPP 88,9 %, prosentase siswa termotivasi adalah 89,5%, nilai rata-rata kelas 81,1 dengan prosentase ketuntasan 84,2%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII-A SMPK St. Vincentius Surabaya berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.