Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak adalah terapi bermain puzzle. Bermain dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu meningkatkan perkembangan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun. Desain penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi adalah anak yang ada di PAUD Lestari Surabaya berumur 2-3 tahun. Dengan teknik Total Sampling didapat 20 responden. Variabel independen adalah terapi bermain puzzle dan variabel dependen adalah perkembangan sosial anak. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan (p= 0.002) terapi bermain puzzle terhadap perkembangan sosial anak. Ini menandakan bahwa terapi bermain puzzle efektif dalam meningkatkan perkembangan sosial anak. Permainan ini meningkatkan rasa kebersamaan dan interaksi yang baik.