Penerapan pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA 1 SMA Kartika IV-3 Surabaya

Main Author: Ramadhan, Mochamad Fadhal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/7841/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/7841/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di Kelas XI-IPA 1 SMA KARTIKA IV-3 Surabaya, diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran fisika dan hasil belajar siswa belum maksimal. Hasil ulangan harian pada materi sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata kelas 71,1 dan prosentase ketuntasan 51,6%. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran tipe NHT pada pokok bahasan fluida statis dipilih untuk mengatasi permasalahan di kelas tersebut. Indikator keberhasilan ditetapkan meliputi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ≥ 80%; rata-rata kelas ≥ 75; prosentase ketuntasan siswa ≥ 75 % dan prosentase siswa termotivasi ≥ 75%. Untuk mencapai indikator keberhasilan PTK memerlukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus I prosentase keterlaksanan RPP 96,3%, prosentase siswa termotivasi adalah 74,4%, nilai rata-rata kelas 76,1 dengan prosentase ketuntasan siswa 77,4%. Pada akhir siklus II, prosentase keterlaksanan RPP 94,4%, prosentase siswa termotivasi adalah 83,9%, nilai rata-rata kelas 79 dengan prosentase ketuntasan 83,9%. Dengan demikian penerapan pembelajaran tipe NHT di kelas XI-IPA1 SMA Kartika IV-3 Surabaya berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa.