Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media komputer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMAK Untung Suropati Krian pada pokok bahasan Alat-Alat Optik
Main Author: | Puspitasari, Yohana Nilam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/7840/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/6/Bab%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/7/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/7840/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi di SMA Katolik Untung Suropati Krian masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Standart Ketuntasan Minimum pada pelajaran Fisika siswa kelas X-1. Siswa belum cukup aktif dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian mengikuti pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan berbantuan media komputer. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa 40% dan ketuntasan hasil belajar 66,67% di akhir siklus I. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan keaktifan siswa 76,67% dan ketuntasan hasil belajar 90%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share TPS dengan berbantuan media komputer pada pokok bahasan alat-alat optik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Katolik Untung Suropati Krian tahun pelajaran 2015-2016.