Representasi anak usia batita dalam iklan televisi "Nutrilon Royal Pronutra 3: versi Astronot"
Main Author: | Budianto, Daniel Teddy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/7563/37/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/38/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/7563/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengungkapkan bagaimana gambaran “ideal” yang berusaha dibentuk oleh media massa, dalam hal ini iklan televisi, agar diterima oleh khalayak yang menjadi target sasaran. Selain gambaran “ideal” dari batita, muncul pula beberapa faktor “ideal” dari maskulinitas. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika yang dikembangkan oleh Peirce untuk melihat beberapa nilai-nilai representasi tentang sosok yang dijadikan pemeran utama, yaitu batita. Dengan semiotika Peirce, peneliti menemukan beberapa hal tentang gambaran “ideal” yang berusaha ditanamkan dalam pesan iklan oleh pembuat iklan, baik secara implisit maupun eksplisit. Dalam penelitian ini, kita juga dapat melihat beberapa unsur atau nilai-nilai maskulinitas yang sengaja ditanamkan oleh pembuat iklan sebagai acuan “ideal”. Nutrilon Royal Pronutra 3 berusaha menarik pandangan khalayak dengan memberikan beberapa gambaran dari sebuah “ideal” kedalam iklannya dengan harapan dapat menarik pasar dan bahkan membeli produk tersebut.