Daftar Isi:
  • Penelitian tingkat kepuasan berangkat dari teori uses and gratifications yang menyebutkan bahwa khalayak dapat secara aktif memilih media yang akan dikonsumsi sesuai dengan motif yang dimiliki. Jika motif yang dicari dapat terpenuhi, maka khalayak dianggap puas atas media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengakses website pemerintah Kota Surabaya www.surabaya.go.id. Pengakses merupakan seseorang yang tinggal di Kota Surabaya dan pernah mengakses website yang dimaksudkan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Surabaya yang berumur diatas 15 tahun dan pernah setidaknya sekali membuka website www.surabaya.go.id. Indikator pengukuran motif dalam menggunakan media atau Gratification Sought (GS) dan pemenuhan motif setelah menggunakan media atau Gratifications Obtained (GO) adalah teori Internet gratifications yang terdiri dari interpersonal utility, pass time, information-seeking, convenience, dan entertainment. Hasil penelitian mengungkapkan adanya kesenjangan pada indikator motif interpersonal utility dan motif information seeking. Hasil mean GS lebih besar mean GO, sehingga dapat disimpulkan responden merasa tidak puas dengan indikator interpersonal utility dan information-seeking yang ada di website Pemkot Surabaya www.surabaya.go.id.