Pengaruh motivasi, manfaat, risiko, dan pengalaman berbelanja terhadap niat membeli ulang produk fashion secara online melalui niat mencari informasi pada facebook
Main Author: | Wen, Caroline |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/7312/1/abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/2/bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/3/bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/4/bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/5/bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/6/bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/7312/ |
Daftar Isi:
- Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial, pemanfaatan media sosial sebagai sarana memasarkan produk terus mengalami peningkatan. Penting bagi riteler untuk memahami faktor yang mendorong niat konsumen mencari informasi pada media sosial untuk mendorong niat konsumen membeli ulang secara online. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pengaruh langsung faktor motivasi utilitarian & hedonis, manfaat & risiko yang dirasakan dari berbelanja online, dan pengalaman berbelanja online terhadap niat mencari informasi; serta pengaruh langsung pengalaman berbelanja online dan niat mencari informasi terhadap niat membeli ulang secara online. Obyek penelitian adalah mahasiswa kota Surabaya, mayoritas mahasiswa UKWMS dengan karakteristik memiliki pengalaman berbelanja online dengan Facebook, media sosial paling banyak diakses di Indonesia sebagai penyedia informasi dan produk yang dibeli berupa produk fashion dari riteler yang sama. Data penelitian adalah primer yang dikumpulkan menggunakan kuisioner yang didistribusikan secara langsung dan online, dengan link menuju kuisioner di-post pada Facebook. Jumlah sampel 150 responden. Teknik Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan motivasi utilitarian & hedonis, manfaat & risiko yang dirasakan dari berbelanj a online, dan pengalaman berbelanja online berpengaruh positif terhadap niat mencari informasi. Pengalaman berbelanj a online dan niat mencari informasi turut terbukti berpengaruh positif terhadap niat membeli ulang secara online.