Daftar Isi:
  • Penyakit infeksi masih menjadi masalah di Indonesia. Salah satu penatalaksanaan infeksi dengan menggunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat memicu terjadinya resistensi bakteri sehingga pasien perlu diberikan pengetahuan tentang antibiotik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan pasien pengguna antibiotik dalam resep. Metode penelitian menggunakan desain ekperimen semu dan dilakukan pre-post test desain, metode edukasi yang digunakan adalah buku modul dengan melibatkan 15 pasien yang mendapatkan resep antibiotik dalam resep. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dan sesudah diberikan edukasi meliputi indikasi antibiotik (p=0,001), cara penggunaan (p=0,001), lama penggunaan (p=0,003), waktu penggunaan (p=0,000), dan efek samping (p=0,000) yaitu menunjukan adanya perbedaan yang signifikan (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan bermakna antara sebelum dan sesudah pemberian edukasi pada pengetahuan pasien pengguna antibiotik dalam resep di Apotek “X” wilayah Surabaya Utara.