Pembuatan media pembelajaran Fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan Hukum Kirchhoff
Main Author: | Simbolon, Marliston |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/6990/1/abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/2/bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/3/bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/4/bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/5/bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/6/bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/7/lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/6990/ |
Daftar Isi:
- Fisika sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Fisika tidak hanya membutuhkan penjelasan teori secara lengkap sehingga untuk memahami pelajaran fisika dibutuhkan keterampilan matematika, imajinasi dan implementasi dari teori- teori fisika. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan media pembelajaran yang dapat dengan mudah digunakan untuk memperjelas pemahaman terkait materi yang dijelaskan. Media berbasis komputer digunakan untuk pelajaran fisika khususnya Hukum Kirchhoff. Sebagian besar Sekolah Menengah Atas (SMA) belum pernah melakukan praktikum Hukum Kirchhoff karena sekolah tidak mempunyai alat praktikum dan keterbatasan waktu untuk melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran fisika berbasis komputer yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan pemahaman konsep pada Hukum Kirchhoff. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Metode yang dikembangkan adalah media pembelajaran fisika berbasis komputer dalam sub pokok bahasan Hukum Kirchhoff. Media ini telah melalui uji ahli dalam hal materi dan tampilan media pembelajaran. Program ini diuji cobakan pada 29 siswa SMA (pengguna). Berdasarkan respon pengguna melalui kuesioner pada uji lapangan bahwa 93,0 % dari siswa menyatakan bahwa media pembelajaran fisika ini menarik.