Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap remaja Surabaya mengenai peringatan: “Merokok Membunuhmu 18+” pada setiap penampilan iklan rokok. Peneliti akan membatasi pada sikap terhadap iklan, yang dimana sikap terhadap iklan disini menyangkut komponen sikap afektif yang dipengaruhi oleh emosi atau perasaan terhadap suatu produk atau merek tertentu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja Surabaya yang berusia 15-19 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan multistage cluster random sampling. Berdasarkan rumus Yamane, maka besarnya sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mayoritas remaja memiliki sikap negatif terhadap peringatan: “Merokok Membunuhmu 18+” pada penampilan iklan produk rokok. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sebagain besar remaja tidak menyukai pesan tersebut terpajang di iklan komersial rokok.