Representasi maskulinitas dalam iklan Axe Black (Studi semiotika mengenai iklan Axe Black versi Chico Jericho Jadilah Tenang)

Main Author: Sudaryoto, Audika Ardhany
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/6625/1/abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/2/bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/3/bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/4/bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/5/bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/6/bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/6625/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ingin mengungkap representasi maskulinitas yang terdapat pada iklan Axe Black versi Chico Jericho Jadilah Tenang. Pria yang ada dalam iklan ini ditampilkan sama dengan pandangan feminisme yakni sifat wanita yang kalem, lembut serta tenang. Hal ini bertolak belakang dengan pandangan umum maskulinitas yang selama ini beredar dalam masyarakat dan dipercaya bahwa sosok seorang pria adalah seorang yang lekat dengan sifat agresif, kuat, superior, dominan dan sebagainya. Maskulinitas pada saat ini juga ditampilkan dengan tanda-tanda seperti penampilan yang rapi, rambut pendek yang rapi, kulit wajah bersih serta aroma tubuh yang wangi. Dianalisis menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce, maskulinitas pada iklan Axe Black versi Chico Jericho digambarkan sebagai maskulinitas pria modern masa kini dengan ciri-ciri fisik yang terlihat serta sifat yang lembut atau tenang.