Penerapan metode quantum learning untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hukum gerak di kelas X-4 SMA IPIEM Surabaya

Main Author: Elizabeth, Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/638/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/638/
Daftar Isi:
  • Pendapat siswa mengenai pelajaran fisika yang sulit, banyak rumus, dan membosankan merupakan penyebab rendahnya dorongan untuk belajar fisika yang terlihat melalui rendahnya prestasi belajar. Berdasarkan hasil ulangan yang diberikan di kelas X-4 SMA IPIEM Surabaya prosentase siswa yang mencapai SKM 37,5 % dengan rata-rata kelas 66,1, dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa dikelas tersebut melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode pembelajaran Quantum Learning dengan teori Multiple Intelligences yang dilakukan peneliti dan guru fisika. Hasil dari pelaksanaan PTK di kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dan partisipasi aktif siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan 50 % (rata-rata kelas 58,9), dan partisipasi aktif siswa 60 %. Pada siklus II prosentase ketuntasan 72,5 % (rata-rata kelas 75,6), dan partisipasi aktif siswa 75,5 %.