Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Yayasan Yohanes Gabriel di Surabaya
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan pondasi kehidupan bernegara, pendidikan mempunyai kunci yang strategis dalam memajukan sebuah bangsa. Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa. Pendidikan anak usia dini (PAUD) mendasari pendidikan ke jenjang selanjutnya, Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas antara lain: Gaya kepemimpinan transformasional (X1), Budaya organisasional (X2), Motivasi kerja (X3) dan satu variabel terikat yaitu Kinerja guru (Y). Populasinya adalah guru dari 11 Sekolah Taman Kanak-kanak Yayasan Yohanes Gabriel di Surabaya, berjumlah 46 orang dengan penelitian sensus karena semua dijadikan responden. Penelitian ini diolah dengan bantuan program SPSS 17,0. Dimaksudkan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak Yayasan Yohanes Gabriel di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru mungkin dengan gaya kepemimpinan transaksional atau faktor lain yang bisa meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini juga menyatakan bahwa budaya organisasional tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini karena para guru memang senang dengan pekerjaannya sebagai guru Taman Kanak-kanak atau faktor lain yang tidak diteliti yang bisa meningkatkan kinerja guru. Untuk motivasi kerja dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru sehingga motivasi kerja perlu ditingkatkan agar kinerja juga lebih meningkat dan bisa meningkatkan mutu pendidikan untuk anak usia dini.