Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi pada industri perbankan di Surabaya
Main Author: | Utari, Maria Natalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/5916/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/2/Bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/3/bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/4/bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/6/Bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/5916/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dan kecanggihan teknologi informasi saat ini memberikan pengaruh kepada banyak bidang, utamanya bisnis. Kondisi yang demikian menuntut perusahaan untuk mampu menganalisis peluang ada. Saat ini Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan dalam mendukung aktivitas operasional perusahaan. Keberhasilan suatu sistem juga tidak hanya terletak pada kinerja penggunanya tetapi juga terletak pada kinerja sistem itu sendiri. Kinerja dari sistem tentunya dapat berpengaruh dari beberapa faktor yang akan menentukan apakah sistem itu sudah berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja SIA. Faktornya yaitu keterlibatan pengguna dalam pengembangan SIA, kemampuan teknik personal, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, formalisasi pengembangan SIA, program pendidikan dan pelatihan pengguna, dewan pengarah SIA, dan lokasi departemen SI. Penelitian ini adalah para karyawan perusahaan perbankan di Surabaya. Sampel penelitian ini adalah 71 karyawan dari 7 perusahaan perbankan di Surabaya. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Dari hasil analisis yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor yang berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja SIA, yaitu partisipasi pengguna dalam pengembangan SIA, dukungan manajemen puncak, formalisasi pengembangan SIA, program pendidikan dan pelatihan pengguna.