Pengaruh faktor-faktor tam, trust, perceived risk terhadap purchase intention melalui attitude toward purchasing di toko online Blibli.com

Main Author: Fransnardo, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/5809/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/3/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/4/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/5/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/6/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/5809/
Daftar Isi:
  • Pada proses terjadinya pembelian secara online,perceived ease of use,perceived usefulness,trust, perceived risk, dan attitude toward purchasing merupakan hal yang penting dalam terbentuknya purchase intention di sebuah situs online. Teori TAM (Technology Acceptance Model) berpendapat bahwa seorang individu akan memiliki niat untuk menggunakan sebuah teknologi ketika teknologi tersebut mudah digunakan dan memiliki kegunaan bagi individu yang menggunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh faktor-faktor tam, trust,perceived risk terhadap purchase intention melalui attitude toward purchasing di toko online Blibli.com. Sampel yang digunakan berjumlah 170 orang responden yang pernah mengujungi situs Blibli.com. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust berpengaruh negatif terhadap perceived risk dan perceived risk berpengaruh negatif terhadap attitude toward purchasing. Sedangkan hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, trust berpengaruh positif terhadap attitude toward purchasing, dan attitude toward purchasing berpengaruh positif terhadap purchase intention.