Pembuatan perangkat pembelajaran Model Direct Instruction berbantuan Media Audio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPK Angelus Custos 1 Surabaya dalam pokok bahasan usaha dan energi
Main Author: | Angriawan, Dewi Kusumawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/5385/5/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/1/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/2/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/3/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/6/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/4/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/5385/ |
Daftar Isi:
- Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang digemari oleh siswa, baik siswa SMA maupun SMP. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya rumus dan perhitungan yang muncul saat mengerjakan soal. Siswa cenderung untuk pasrah dan kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini dapat dilihat dari tes awal yang diadakan peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Hanya 3 dari 34 siswa yang nilainya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari penjelasan di atas, penulis melakukan suatu penelitian pengembangan tentang “PembuatanPerangkatPembelajaran Model Direct InstructionBerbantuan Media Audio untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswakelas VII SMPK Angelus Custos 1 Surabaya dalamPokokBahasan Usaha danEnergi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran model Direct Instruction berbantuan musik pengiring rumus yang dinyanyikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi.Perangkat pembelajaran diuji dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik validasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Direct Instruction yang sudah disusun berkategori baik dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMPK Angelus Custos 1 Surabaya.