Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-1 pokok bahasan listrik dinamis di SMA Katolik Santa Agnes Surabaya

Main Author: Situmorang, Renaldo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/5366/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/3/BAB%20II%20FIX.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/4/BAB%20III%20FIX.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/5/bab%20IV%20FIX.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/5366/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMA Katolik Santa Agnes Surabaya ditemukan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang dan prestasi belajar fisika kelas X-1 cukup rendah. Sebagian besar siswa belum aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut. Ketercapaian tujuan ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dilakukan peneliti dan guru fisika. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus penelitian ini dilakukan selama dua kali. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA KATOLIK SANTA AGNES SURABAYA dengan jumlah siswa 31 orang , yang terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pokok bahasan listrik dinamis. Hasil dari pelaksanaan PTK di kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi siswa. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa adalah 71, 40 %.sedangkan nilai rata-rata kelas adalah 79,03 dengan prosentase ketuntasan 78,57 %. Pada siklus II prosentase keaktifan adalah 89,28 %. dan nilai rata-rata kelas adalah 81,07 dengan prosentase ketuntasan 85,71 %.