Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pemasaran hubungan yang meliputi kepercayaan, komitmen, dan kemampuan komunikasi dapat mempengaruhi loyalitas melalui kepuasan pada Bank Mandiri Syariah di Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis SEM dan data primer dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden yang semuanya adalah nasabah Bank Mandiri Syariah di Surabaya. Hasil dari penelitian bahwa pemasaran hubungan yang meliputi kepercayaan, komitmen , dan kemampuan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada Bank Mandiri Syariah di Surabaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan nasabah, komitmen karyawan, dan kemampuan komunikasi karyawan memang dapat menciptakan loyalitas bagi nasabah yang terutama melalui kepuasan, sedangkan saran bagi perbankan adalah tetap memelihara hubungan baik dengan nasabah melalui pembangunan kepercayaan nasabah, membangun komitmen karyawan dalam pelayanan, dan membangun kemampuan komunikasi karyawan.