Penerapan learning cycle pada pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-E SMAK St Louis 1 Surabaya

Main Author: Purwaningsih, Melania Rahajeng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/5093/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/5093/
Daftar Isi:
  • Observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada kelas X-E SMAK St Louis 1 Surabaya menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran fisika berlangsung keaktifan siswa dalam pembelajaran sangat rendah; sebagian besar siswa sibuk berbincang dengan teman sebangku, sebagian lain mengganggu temannya dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal ini menyebabkan rendahnya keaktifan siswa (36,59%) dan hasil belajar fisika siswa (rata-rata 62,72 dan ketuntasan 11,11%) di kelas tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipilih sebagai kerangka kerja untuk mengatasi permasalahan di kelas tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Dengan mengacu pada kriteria keberhasilan yang ditetapkan di awal penelitian, yaitu: keaktifan siswa minimal 75%; rata-rata kelas minimal 75; dan minimal ketuntasan siswa 75%; PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir siklus pertama diperoleh keaktifan siswa 65,14%, rata-rata kelas 68,21 dan ketuntasan siswa 58,97%. Di akhir siklus kedua diperoleh keaktifan siswa 76,21%, rata-rata kelas 77,44 dan ketuntasan siswa 76,92%.