Penerapan model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada pokok bahasan gerak lurus pada kelas VII A SMPK Katarina Surabaya

Main Author: Vironika, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/419/1/Abstract.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/419/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal di kelas VII A SMPK St Katarina Surabaya diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran fisika hanya 47%. Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya keaktifan siswa selama pembelajaran yang hanya mencapai 50%. Dalam upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilengkapi dengan metode demonstrasi pada pokok bahasan gerak. Setelah melewati dua siklus PTK, pada akhir siklus kedua diperoleh keaktifan siswa meningkat menjadi 84,8% dan prestasi belajar fisika siswa meningkat menjadi 82,4 %