Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X-MIA 1 SMA IPIEMS Surabaya

Main Author: Saputri, Mei Anggi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/4071/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/4071/
Daftar Isi:
  • Observasi awal yang dilakukan penliti pada kelas X-MIA 1 SMA IPIEMS Surabaya menemukan basil belajar sisvva relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh rendalmya minat siswa pada pelajaran fisika. Beberapa siswa tampak berbicara dengan ternan sebangku, bennain handphone, dan melamun. Prosentase siswa yang mencapai skor ketuntasan minimum (SKM) hanya 44% dan prosentase minat siswa pada pelajaran sebesar 58%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan basil belajar siswa di kelas tersebut. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pennainan "Talking Stick" pada pokok bahasan suhu dan kalor digunakan dalam penelitian ini. Indikator keberhasilan meliputi minimal 75 % sisvva benninat dalam mengikuti pelajaran fisika, minimal 75 % siswa memenuhi SKM dan keterlaksanaan RPP dengan metode TGT tidak kurang dari 80% dengan persyamtan jumlah siklus minimum 2. PTK dilakukan sebanyak dua siklus. Pada akhir siklus pertama diperoleh prosentase minat siswa sebesar 77 % ; prosentase siswa yang mencapai SKM sebesar 79 %; dan keterlaksanaan RPP mencapai 84%. Pada akhir siklus kedua prosentase minat siswa meningkat menjadi 90 %; prosentase siswa yang mencapai SKM meningkat menjadi 85 %; dan keterlaksanaan RPP mencapai 88%. Kecenderungan tetjadinya peningkatan prosentase minat siswa dan siswa yang mencapai SKM serta keterlaksanaan RPP meyakinkan peneliti bahwa PTK yang dilakukan mencapai tujuan penelitian.