Pengembangan perangkat pembelajaran model direct instruction berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pokok bahasan kalor di SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya
Main Author: | Bisara, Maria Vianey Bhala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/4070/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/2/Bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/3/Bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/4/Bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/5/Bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/6/Bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/7/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/4070/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Fisika pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa khususnya siswa di SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya. Anggapan ini sangat mempengaruhi pada hasil belajar siswa, siswa beranggapan bahwa pelajaran fisika terlalu abstrak dan banyak memiliki rumus. Pada saat pelajaran berlangsung, ada kecenderungan bagi sejumlah siswa untuk berbicara dengan siswa lainnya atau bahkan mengantuk di dalam kelas, sehingga siswa tidak mendengarkan materi yang diajarkan oleh guru. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Direct Instruction merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi secara bertahap. Dari beberapa penjelasan di atas, peneliti melakukan suatu penelitian pengembangan tentang “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Direct Instruction Berbantuan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kalor di SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran model Direct Instruction berbantuan media berbasis komputer pokok bahasan kalor dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran diujicobakan menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik validasi dan teknik observasi. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), Rencana Evaluasi (RE) dan Media Berbasis Komputer. Setelah dilakukan penelitian hasil yang diperoleh adalah N-Gain score 0,74 dengan kategori tinggi, peningkatan keaktifan siswa 80,57 % serta keterlaksanaan RPP sangat baik.