Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar Fisika dalam sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan cahaya pada siswa kelas X SMA Nation Star Academy Surabaya

Main Author: Kurniasari, Elizabeth Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/4064/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/4064/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan di SMA Nation Star Academy Surabaya, diketahui bahwa kelas X3 merupakan kelas yang mengalami kendala dalam kegiatan belajar mengajar Fisika. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar fisika yang belum mencapai hasil yang optimal. Standar Ketuntasan Minimum (SKM) hanya dipenuhi oleh 32,14% siswa dengan nilai rata-rata kelas 67.92 dari 28 siswa. Guru telah berusaha untuk melakukan variasi model pembelajaran. Salah satunya adalah pengajaran dengan metode ceramah maupun dengan menggunakan media powerpoint, tetapi metode yang diterapkan belum dapat efektif mengatasi permasalahan tersebut sehingga hasil belajar yang diperoleh belum menunjukkan peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa kelas X3 SMA Nation Star Academy Surabaya pada subpokok bahasan pemantulan dan pembiasan cahaya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I, prosentase partisipasinya adalah 50%, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 69.53 dengan prosentase ketuntasan 64.28%. Pada siklus II, prosentase partisipasinya meningkat menjadi 71,43 % dan nilai rata-rata kelas menjadi 73.04 dengan prosentase ketuntasan 71.43%. Sementara prosentase untuk keterlaksanaan RPP siklus I adalah 82,35 % dan siklus II adalah 98,03 %.