Pengembangan perangkat pembelajaran model guided discovery learning berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan fluida statis di SMAK Frateran Surabaya

Main Author: Seran, Natalia Erlyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/4062/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/4062/
Daftar Isi:
  • Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan besar dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut menggugah sebagian guru untuk merancang pembelajaran yang lebih terarah pada penguasaan konsep Fisika. Secara umum dalam proses pembelajaran di kelas guru seringkali tidak mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesungguhnya, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tercapai secara maksimal. Untuk menunjang pembelajaran yang baik, maka guru perlu merancang perangkat pembelajaran agar tergambar dengan jelas muatan yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga terjadi perubahan kompetensi pada diri peserta didik terhadap materi yang diberikan. Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan guru menjalankan peran sebagai fasilitator. Dengan demikian, guru perlu memperluas pengetahuan dan penalaran siswa melalui kegiatan menemukan sendiri hal-hal baru secara mandiri dalam bentuk pengalaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Guided Discovery Learning berbantuan media berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Fluida Statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Kegiatan Siswa untuk Guru dan Rencana Evaluasi disertai alat bantu berupa media berbasis komputer. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dengan hasil baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 38 siswa kelas X MIA 5 SMAK Frateran Surabaya dengan hasil baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka penelitian ini telah terlaksana dengan baik karena dalam proses pembelajaran seluruh aspek dalam RPP terlaksana dengan sangat baik, N-Gain berkategori tinggi yaitu 0,71 serta 76% siswa mencapai KKM.