Daftar Isi:
  • Private label merupakan cara untuk membedakan diri dengan pesaing dan peritel dapat membangun loyalitas dengan konsumennya. Dengan melakukan strategi private label, peritel mendapatkan cukup banyak keuntungan. Oleh karena itu sangat penting bagi peritel untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek private label. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini untuk memprediksi persepsi private label adalah familiarity, store image, dan price consciousness. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh familiarity, store image, dan price consciousness terhadap private label perception serta menganalisis apakah terdapat perbedaan persepsi pada Etnis Cina dan Jawa. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner di Hypermart yang ada di Surabaya pada 100 responden dari Etnis Cina dan 100 responden dari Etnis Jawa. Teknik analisis data dengan menggunakan Multiple Linear Regression. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini yaitu familiarity, store image, dan price consciousness berpengaruh positif terhadap private label perception pada kedua Etnis. Hasil juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi yang signifikan antara Etnis Cina dan Jawa. Tetapi faktor yang memberikan kontribusi terbesar pada Etnis Cina dan Jawa berbeda. Pada Etnis Cina kontribusi terbesar adalah store image sedangkan pada Etnis Jawa kontribusi terbesar adalah price consciousness.