Daftar Isi:
  • Status gizi merupakan indikator ketiga dalam menentukan derajat kesehatan anak. Status gizi yang baik dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mencapai kematangan yang optimal. Pada anak usia prasekolah merupakan kelompok yang perlu diperhatikan akan kebutuhan gizinya, karena mereka dalam masa pertumbuhan. Kekurangan akan kebutuhan gizi pada masa anak-anak selain akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan jasmaninya juga akan menyebabkan gangguan perkembangan mental anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran status gizi dan tingkat perkembangan anak usia prasekolah (3 – 5 tahun). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Variabel penelitian adalah status gizi dan tingkat perkembangan anak usia prasekolah. Populasi dalam penelitian ini murid dan orang tua murid di Pos PAUD Terpadu Anak Sholeh Surabaya yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampling menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan untuk status gizi timbangan berat badan, meteran tubuh, standar indeks massa tubuh/umur dan kategori status gizi, sedangkan untuk perkembangan anak menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi anak terbanyak memiliki status gizi baik sebesar 92% dan perkembangan anak terbanyak memiliki perkembangan baik 80%. Hasil ini dapat dijadikan acuan bagi pelayanan kesehatan dalam melakukan promosi kesehatan pada masyarakat.