Prokastinasi akademik dengan self efficacy pengerjaan skripsi pada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Main Author: Fanda, Marthina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/3644/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/3644/
Daftar Isi:
  • Menyelesaikan studi di perguruan tinggi merupakan harapan bagi setiap mahasiswa. Salah satu cara memperoleh gelar sarjana di perguruan tinggi yaitu mengerjakan skripsi. Proses pengerjaan skripsi memiliki hambatan-hambatan tersendiri yang dapat menyebabkan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik adalah penundaan pada tugas-tugas akademik. Hambatan-hambatan yang menyebabkan mahasiswa melakukan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik karena dipengaruhi oleh self efficacy. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara prokrastinasi akademik dengan self efficacy pengerjaan skripsi dimana self efficacy merupakan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu untuk melakukan suatu tugas. Responden penelitian (N=30) yaitu mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang sedang mengerjakan skripsi. Pengambilan sampel dengan cara incidental sampling dan purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan penyebaran skala sebanyak 42 aitem. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data skala likert yang terdiri dari skala prokrastinasi akademik dan skala self efficacy dengan teknik analisis data Kendal's Tau B. Hasil penelitian ini menunjukan adanya korelasi negatif dengan nilai -0,378 dan nilai a = 0,005 dengan (a < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara prokrastinasi akademik dengan self efficacy pengerjaan skripi pada mahasiswa. Semakin tinggi self efficacy pengerjaan skripsi mahasiswa, maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Sebaliknya, semakin rendah self efficacy pengerjaan skripsi mahasiswa, maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif self efficacy terhadap prokrastinasi akademik sebesar 23,9% dan sisanya 76,I% dipengaruhi oleh faktor lain