Studi deskriptif shopping addiction pada K-popers remaja di Surabaya
Main Author: | Valenciana, Catherine |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/3629/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/2/Bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/3/Bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/4/Bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/5/Bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/6/Bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/7/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/3629/ |
Daftar Isi:
- Gelombang Korea atau yang lebih dikenal dengan Korean Wave bukan lagi sesuatu yang asing di Indonesia.Salah satu penyebaran Korean Wave di Indonesia adalah melalui musik K-Pop (singkatan dari Korean Pop). Maraknya Korean Wave dimanfaatkan oleh segmen pasar dengan menciptakan barang-barang yang berkaitan dengan sang idola seperti CD album, poster, baju, jaket, sepatu dan atribut-atribut artis idola yang menarik minat para K-Popers untuk membeli barang-barang tersebut. Secara tidak langsung, hal ini dapat menimbulkan perilaku shopping addiction pada KPopers. Umumnya K-Popers adalah remaja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran shopping addiction pada K-Popers remaja di Surabaya. Subjek penelitian (N=50) adalah para KPopers remaja putri usia 17-22 tahun yang tinggal di Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan aksidental sampling dan snowball sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan skala shopping addiction dan angket terbuka.Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif menggunakan SPSS 16 for Windows. Dari hasil dari penelitian, diperoleh 23 subjek (46%) mempunyai tingkat shopping addiction yang tinggi, 6 subjek mempunyai tingkatshopping addiction yang sangat tinggi, sebanyak 11 subjek (22%) mempunyai tingkat shopping addiction sedang, 9 subjek mempunyai tingkat shopping addiction yang rendah dan 1 subjek (2%) mempunyai tingkat shopping addiction sangat rendah. Dengan demikian maka gambaran shopping addiction pada K-Popers remaja di Surabaya adalah tinggi. Kenakalan remaja, masa remaja, sikap